Kamis, 31 Mei 2012


Fungsidanmanfaat media pendidikan
Beberapamanfaatpraktisdaripenggunaan media pembelajaran di dalam proses belajarmengajarsebagaiberikut :

Ø  Media pembelajarandapatmenperjelaspenyajianinformasidanpesansehinggadapatmempelancardanmeningkatkan proses danhasilbelajar.

Ø  Media pembelajarandaptmeningkatkandanmengarahkanperhatiananaksehinggadapatmenimbulkanmotivasibelajar, interaksi yang lebihbaiklangsungantarasiswadanlingkungannya, dankemungkinansiswauntukbelajarsendiri-sendirisesuaidengankemampuandanminatnya.

Ø  Media pembelajarandapatmengatasiketerbatasanindera, ruang, danwaktu :
1.       objekataubenda yang terlalubesaruntuk di tampilkanlangsung di ruangkelasdapat di gantikandengangambar, foto, slid, realita, film, radio, atau model
2.       objekataubenda yang terlalukecil yang tidaktmpakolehindradapatdisajikandenganbantuanmikroskop, film, slid, ataugambar.
3.       kejadianlangka yang terjadi di masalaluatauterjadisekalidalampuluhantahundapat di tampilkanmelaluirekaman video, film, foto, slid, di sampingsecara verbal.
4.       objekatau proses yang amatrumitsepertiperedarandarahdapat di tampilkansecarakonkritmelalui film, gambar, slid, atausumulasi computer.
5.       kejadianataupercobaan yang dapatmembahayakandapat di simulasikandengan media seperticomputer,film, gambar, dan video.
6.       peristiwaalamsepertiterjadinyaletusangunungberapiatau proses yang dalamkenyataanmemakanwaktu lama seperti proses kepompongmenjadikupu-kupudapatdisajikandenganteknik-teknikrekamanseperti time-laps untuk film, video, slide, atausimulasi.

Ø  Media pembelajarandaptmemberikankesamaanpengalamankepadasiswatentangperistiwa di lingkunganmereka, sertadengan guru, masyarakat, danlingkungannyamisalnyamelaluikaryawisata, kunjungan-kunjunganke museum ataukebunbinatang.


Pengenalanbeberapa media
Berdasarkan perkembangan teknologi, media pembelajaran dapat dikelompokan menjadi :

A. teknologi cetak
Adalah cara untuk menyampaikan materi,seperti buku dan materi visual statis terutama melalui proses percetakan mekanime atau fotogtafis. Teknologi cetak memilikiciri-ciri sebagai beriku:
a)      Teks dibaca secara linear, sedangkan visual diamati berdasarkan ruang.
b)      Baik teks maupun visual menampilkan komunikasi satuarah dan reseptif.
c)      Teksdan visual di tampilkan statis.
d)     Pengembangannya sangat tergantung kepada prinsip-prinsip kebahasaan dan persepsi visual.
e)      Baik teks maupun visual berorientsi (berpusat) padas iswa.
f)       Informasi dapa tdiatur kembali atau di tataulang oleh pemakai.
B. Teknologi Audio-Visual
Adalah cara untuk menyampaikan materi dengan menggunakan mesin-mesin mekanis dan elektronik untuk menyajikan pesan-pesan audio dan visual. Teknologi Audio Visual memilki ciri-cir isebagai berikut :
a)      Mereka biasanya bersifat linear.
b)      Mereka biasanya menyajikan visual yang dinamis.
c)      Mereka digunakan dengan cara yang telah di tetapkan sebelumnya oleh perancang.
d)     Merekamerupakan representasifisikasi gagasan real ataugagasanabstrak.
e)      Mereka di kembangkan menurut prinsippsikologis behaviorisme dan kognitif.
f)       Umumnyamerekaberorientasikepada guru dengantingkatpelibatanmuridyang  rendah
C. Teknologi Berbasis Komputer
Adalah cara penyampaian materi dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasismikro-prosesor. Pada dasarnya teknologi berbasis computer menggunakan layar kacau ntuk menyajikan informasi kepada siswa.Beberapa jenis aplikasi teknologi berbasis computer dalam pembelajaran umumnya dikenal sebagai computer assistedintruction (pembelajaran dengan bantuan computer). Dilihat dari cara penyajian dan tujuan yang ingin dicapai meliputi tutorial (penyajian materi pelajaran secara bertahap), driils and practice (latihan membantu siswa menguasai materi yang telah di pelajari sebelumnya), permainan dan simulasi (latihan mengaplikasi pengetahuan dan keterampilan yang baru dipelajarari, dan basis data (atau sumber yang dapat membantu siswa menambah informasi dan pengetahuannya sesuai dengan keinginan masing-masing). Ciri media yang dihasilkan teknologi berbasis computer :
a)      Mereka dapat digunakan secara acak,non sekuensial, atau secara linear.
b)      Mereka dapar digunakan berdasarkan keinginan siswa atau berdasarkan keinginan perancang/penembang sebagaimana di rencanaknnaya.
c)      Biasanya gagasan disajikan dalam gayaa bstrak dengan  kata symbol dangrafik
d)     Prinsip-prinsipil mukognitif untuk mengembangkan media ini.
e)      Pembelajaran dapat berorienta sisiswa dan melibatkan interaktif siswa yang tinggi.
D. Teknologi gabungan
Adalah cara untuk menghasilkan dan menyampaikan materi yang menggabungkan pemakaian beberapa bentuk media yang dikendalikan oleh computer. Beberapa cirri utama teknologi berbasis computer  adalah sebagai berikut :
a)      Ia dapat digunakan secara acak, sekuensial, secara linear.
b)      Ia dapat digunakan sesuai dengan keinginan siswa, bukan saja dengan cara yang direncanakan dan diinginkan oleh perancangnnya.
c)      Gagasan sering disajikan secara realistic dalam kontek spengalaman siswa menurut apa yang relefan dengan siswa, dan dibawah pengendalian siswa.
d)     Prinsip ilmu kognitifdan konstruktifisme diterapkan dalam pengembangan dan penggunaanpelajaran.
e)      Pembelajaran di tata dan terpusat pada lingkup kognifit sehingga pengetahuan dikuasai jika pelajaran itu di gunakan.
f)       Bahan-bahan pelajaran melibatkan banyak interaktifitas siswa.
g)      Bahan-bahan pelajaran memadukan kata danfisual dari berbagai sumber.
h)      Pengelompokan jenis media apabila gilihat dari segi perkembangan teknologi,  menurut Seels & Glasgow (1990:181-183), yaitu:

1.Pilihan media tradisional
a)      Visual diam yangdiproyeksikan meliputi: Proyeksi opaque (tak tembus pandang), Proyeksi, overhead, Slides, Filmstrips
b)      Visual yang tak diproyeksikan meliputi: Gambar, poster, Foto, Charts, grafik, diagram, Pemaran, papan info, papan bulu
c)      Audio meliputi : Rekaman pringan, Pita kaset, reel, catridge
d)     Penyajian multimedia meliputi: Silde plus suara (tape), Multi image
e)      Visual dinamis yag diproyeksikan meliputi : Film, Televisi danVideo
f)       Cetak meliputi : Buku teks, Modil, teks terprogram, Workbook, Majalah ilmiah, berkala, Lembaran lepas (hand out)
g)      Permainan meliputi : Teka-teki, Simulasi, Permainan papan
h)      Realia  meliputi : Model, Specimen (contoh), Manipulatif (peta, boneka)

2. Pilihan media teknologi mutakhir
a)      Media berbasis komunikasi : Telekonferen, Kuliah jarak jauh
b)      Media berbasis mikroprosesor : Comuter assisted instruction, Permainan komputer, Sistem tutor intelijen, Interaktif, Hypermedia, Compact (video) disk.
Pengertian dari media mutakhir secara ringkas disajikan sebagai barikut :
a)      teleconference (suatu  teknik komunikasi  kelompok  yang  menggunakan  mikrofon dan amplifier)
b)      Kuliah  Jarak  Jauh (telelecture / suatu  teknik  pengaaran  yang  dimana  seorang  ahli  dalam suatu  budang  tertentu , menghadapi  sekelompok  pendengar  yang  menggunakan  amplifier)
c)      Computer   assisted  instruction (cara  penyampaian  yang  menggunakan mikroprosesor  yang  di rancang  dan  di program  ke  dalam  system  tersebut)
d)      Hyperteks  (suatu  teks  yang  tak  berurutan-non  sekuensial)
e)      Hypermedia  (perluasan dari hyperteks  yang  menggabungkan  media  lain  ke dalam teks)
f)       System  tutor  intelijen (penyampaian  media  yang  menggunakan computer  yang mempunyai  kemampuan  untuk  berdialog  siswa)
g)      Interactive  video (penyajian  suatu  materi  yang  menggunakan  rekaman)
h)      Compact video disc (system penyimpanan dan rekaman video, dimana  signal audio-visual di rekam pada disket plastic )

Menurut  beberapa ahli, Leshin,Pollock dan Reigeluth,mengelompokan media kedalam lima kelompok,yaitu
a)      Media berbasis manusia
b)      Media bebasis cetak
c)      Media berbasis visual
d)     Media berbasisaudio_visual
e)      Media berbasis computer

Menurut Kemp dan Dayton mengelompokan media kedalam delapan jenis,yaitu
a)      Media cetakan
b)      Media panjang
c)      Overhead transparacies
d)     Rekaman audio tape
e)      Seri slide dan filmstrips
f)       Penyajian multi-image
g)      Rekaman video dan film hidup
h)      computer

Media cetakan meliputi bahan-bahan yang dusiapkandi atas kerta untuk pengajaran dan informasi
Beberapa kelebihan dari media cetakan
a.       siwa dapat belajar dan maju sesuai dengan kecepatan masing-masing
b.      disamping dapat memahami materi dalam media cetakan,siswa akan mengikuti ukuran pikiran secara logis
c.       perpaduan antara teks dan gambar dapat menambah daya tarik dan memperlancar pemahaman informasi yang disajikan
d.      pada teks terprogram siswa akan berinteraksi dengan aktif karena harus memberi respon terhadap pertanyaan
e.       meskipun isi informasi media cetak haru diperbaharui sesuai dengan perkembangan ilmu ,materi tersebut dapat direproduksi dengan ekonomis dan didistribusikan dengan mudah
Keterbatasan media cetakan
a.       sulit menampilkan gerak
b.      biaya cetakan akan lebih mahal jika ingin menambahkan ilustrasi gambar
c.       proses percetakan memakan waktu lama
d.      perbagian unit-unit pelajaran harus dirancang sedemikian rupa,sehingga tidak terlalu panjang dan membosankan
e.       jika tidak dirawat dengan baik ,media cetakan cepat rusak ataui hilang
Media Panjang digunakan untuk menyamoaikan pesan di depan kelompok kecil.
Media ini meliputi papan tulis,flip chart,papan magnet,papan kain,papan bulletin,dan pameran.
Kelebihan media panjang
a.       bermanfaat di ruang manapun tanpa harus ada penyesuaian khusus
b.      pemakai dapat secara fleksibel mebuat perubahan-perubahan selama penyajian berlangsung
c.       mudsah dipersiapkan dan materinya mudah digunakan
d.      fasilitas papan tuli selalu tersedia di ruang-ruang kelas
Ketrebatasan media panjang
a.       terbatas penggunaannya pada kelompok kecil
b.      memerlukan keahlian khusus dari penyajiannya
c.       mungkin tidak dianggap penting jika dibandingkan dengan media-media yang diproyeksikan
d.      pada saat menulis di papan, guru membelakangi siswa,dan jika ini berlangsung lama tentu akan mengganggu suasana dan pemgelolaan kelas

E. Proyektor Transparasi (OHP)
Yaitu suatu alat yang memproyeksikan visual baik berupa huruf, lambing, gambar,dan sebagainya, yang dipersiapkan untuk diproyeksikan kesebuah layar atau dinding melalui sebuah proyektor.
Kelebihan OHP
1.      Pantulan proyeksi gambar dapat terlihat jelas pada ruangan yang terang (tidak perlu pada ruangan yang gelap) sehingga guru dan murid tetap dapat saling melihat.
2.      Dapat menjangkau kelompok yang besar.
3.      Guru selalu dapat bertatap muka dengan siswa karena OHP dapat diletakkan di depan kelas, dan dengan demikian ia selalu dapat mengendalikan kelasnya.
4.      Trasparansi dapat dengan mudah dibuat sendiri oleh guru, baik yang dibuat secara manual maupun yang melalui proses cetak, salin, dan kimia.
5.      Peralatan mudah dioperasikan dan tidak memerlukan perawatan khusus.
6.      Memiliki kemampuan untuk menampilkan warna.
7.      Dapat disimpan dan digunakan berulang kali.
8.      Dapat dijadikan pedoman dan penuntun bagi guru dalam penyajian materi.
Keterbatasan
1.      Fasilitas OHP harus tersedia.
2.      Listrik pada ruangan/lokasi penyajian harus tersedia.
3.      Tanpa layar yang dapat dimiringkan ( misalnya hanya menggunakan dinding/tembok atau layar lurus ), sulit untuk mengatasi distorsi tayangan yang berbentuk trapesium ( keystoning )
4.      Harus memiliki teknik khusus untuk pengaturan urutan baik dalam hal penyajian maupun penyimpanan.
F. Rekaman Audio-Tape
Pesan dan isi pelajaran dapat direkam pada tape magnetik sehingga hasil rekaman itu dapat diputar kembali pada saat diinginkan. Pesan dan isi pelajaran itu dimaksudkan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sebagai upaya mendukung terjadinya peroses belajar.
Materi rekaman audio tape adalah cara ekonomis untuk menyiapkan isi pelajaran atau jenis informasi tertentu. Rekaman dapat disiapkanuntuk sekelompok siswa, dan sekarang ini sudah lumrah rekaman dipersiapkan untuk penggunaan perorangan. Sudjana dan Rivai ( 1991 : 130 ). Keterampilan yang dapat dicapai dengan penggunaan media audio meliputi :
1.      Pemusatan peratian dan mempertahankan perhatian. Misalnya, siswa mengidentifikasi kejadian tertentu dari rekaman yang didengarnya.
2.      Mengikuti pengarahan. Misalnya, sambil mendengarkan pernyataan atau kalimat singkat, siswa menandai salah satu pilihan pernyataan yang mengandung arti yang sama.
3.      Melatih daya analisis. Misalnya, siswa menentukan urut-urutan kejadian atau suatu peristiwa, atau menentukan ungkapan mana yang menjadi sebab dan yang mana akibat dari pernyataan-pernyataan atau kalimat-kalimat yang didengarnya.
4.      Menentukan arti dari konteks. Misalnya, siswa mendengarkan pernyataan yang belum lengkap sambil berusaha menyempurnakannya dengan memilih kata yang disiapkan. Kata-kata yang disiapkan itu berbunyi sangat mirip dan hanya dapat dibedakan apabila sudah dalam konteks kalimat.
5.      Memilah-milah informasi atau gagasan yang relevan dan informasi yang tidak relevan. Misalnya, rekaman yang diperdengarkan yang mengandung dua sisi informasi yang berbeda dan siswa mengelompokkan informasi kedalam kedua kelompok itu.
6.      Merangkum, mengemukakan kembali, atau mengingat kembali informasi. Misalnya, setelah mendengarkan rekaman suatu peristiwa atau ceritera, siswa diminta untuk mengungkapkan kembali dengan kalimat-kalimat mereka sendiri.
Keuntungan
1.      Radio tape ( tape recorder ) telah menjadi peralatan yang sangat lumrah dalam rumah tangga, sekolah, mobil, bahkan kantongan ( Walkman). Karena harga yang cenderung terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat, ketersediaannya dapat diandalkan.
2.      Rekaman dapat digandakan untuk keperluan perorangan sehingga pesan dan isi pelajaran dapat berada dibeberapa tempat pada waktu yang bersamaan.
3.      Merekam peristiwa atau isi pelajaran untuk digunakan kemudian, atau merekam pekerjaan siswa sendiri dapat dilakukan dengan media audio.
4.      Rekaman memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendengarkan diri sendiri sebagai alat diagnosis guna membantu meningkatkan keterampilan mengucapkan, membaca, mengaji, atau berpidato.
5.      Pengoprasian radio tape /tape recorderrelatif mudah.
Keterbatasan
1.      Dalam suatu rekaman, sulit menentukan lokasi suatu pesan atau informasi. Jika pesan atau informasi itu berada ditengah-tengah pita, maka akan memakan waktu lama untuk menemukannya, apalagi jika radio tape tidak memiliki angka-angka penuntun putaran pitanya.
2.      Kecepatan merekam dan pengaturan trek yang bermacam-macam menimbulkan kesulitan kembali rekaman yang direkam pada suatu mesin perekam yang berbeda dengannya.
G. Slide
Slide (film bingkai) adala suatu film transparansi yang berukuran 35mm dengan bingkai 2x2 inci. Bingkai tersebut terbuat dari karton atau plastic.Film bingkai diproyeksikan melalui slide projector. Jumlah film bingkai yang akan ditayangkan untuk suatu program tergantung kepada tujuan yang ingin dicapai. Dengan demikian, lama penayangan atau panjangnya program sangat bervariasi.Program visual dapat dikombinasikan dengan suara yang dikenal dengan film bingkai bersuara.Program kombinasi film bingkai bersuara pada umurnya berkisar antara 10 sampai 30 menit dengan jumlah gambar yang bervariasi dari 10 sampai 100 buah lebih.Berbeda dengan gambar yang disertai suara rekaman waktu tayangnya sudah tertentu, gambar yang tidak disertai suara dapat ditayangkan seberapa lama pun sesuai dengan kebutuhan dan isi pesan dan informasi yang ingin disampaikan melalui gambar tersebut.
Beberapa keuntungan dan keterbatasan film bingkai dapat diliha berikut ini.
Keuntungn
1.      Urutan gambar (film bingkai) dapat diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan.
2.      Isi pelajaran yang sama yang terdapat dalam gambar-gambar film bingkai dapat disebarkan dan digunakan diberbagai tempat secara bersama.
3.      Gambar pada film bingkai tertuntu dapat ditayangkan lebih lama dan dengan demikian dapat menarik perhatian dan membangun persepsi siswa yang sama terhadap konsep atau pesan yang ingin disampaikan.
4.      Film bingkai dapat ditayangkan pada ruangan masih terang (tidak perlu benar-benar gelap). Jika tidak terdapat layar khusus, dindingpun dapat dijadikan tempat proyeksi gambar.
5.      Film bingkai dapat menyajikan gambar dan grafik untuk berbagai bidang ilmu kepada kelompok atau perorangan dengan usia yang tiada terbatas.
6.      Film bingkai dapat digunakan sendiri atau di gabung dengan suara/rekaman. Baik film bingkai bersuara maupun yang tidak, dapat diubah.
7.      Film bingkai dapat menyajikan peristiwa masa lalu atau peristiwa di tempat lain. Di samping itu, dengan film bingkai, objek yang besar, berbahaya, atau terlalu kecil untuk dilihat dengan mata dapat di tayangkan dengan jelas.
Keterbatasan
1.      Gambar dan grafik visual yang disajikan tidak bergerak sehingga daya tariknya tidak sekuat dengan televise atau film. Oleh karena itu, visualisasi objek atau proses yang bergerak akan kurang efektif bila disajikan melalui media film.
2.      Film bingkai terlepas-lepas, dan ini merupakan suatu titik keunggulan sekaligus kelemahannya, karena memerlukan perhatian untuk penyimpanannya agar film-film bingkai itu tidak hilang atau tercecer.
3.      Meskipun biaya produksinya tidak terlalu mahal, film bingkai masih memerlukan biaya lebih besar daripada pembuatan media foto, gambar, grafik yang tidak diproyeksikan.
H. Film dan Video
Film atau gambar hidup merupakan gambar-gambar dalam frame di mana frame demi frame diproyeksikan melalui melalui lensa proyektor secara mekanis sehingga pada layar terlihat gambar itu hidup.Film bergerak dengan cepat dan bergantian sehingga memberikan visual yang kontinu.Sama halnya dengan film, video dapat menggambarkan suatu objek yang bergerak bersama-sama dengan suara alamiah atau suara yang sesuai.Kemampuan film dan video melukiskan gambar hidup dan suara memberinya daya tarik tersendiri.Kedua jenis media ini pada umumnya digunakan untuk tujuan-tujuan hiburan, dukumentasi, dan pendidikan. Mereka dapat menyajikan informasi, memaparkan proses, menjelaskan konsep-konsep yang rumit, mengajarkan keterampilan, menyingkat atau memperpanjang waktu, dan mempengaruhi sikap.
Keuntungan Film dan Video
1.      Film dan video dapat melengkapi pengalaman-pengalaman dasar dari siswa ketika mereka membaca, berdiskusi, berpraktik, dan lain-lain. Film merupakan pengganti alam sekitar dan bahkan dapat menunjukkan objek yang secara normal tidak dapat dilihat, seperti cara kerja jantung ketika berdenyut.
2.      Film dan video dapat menggambarkan suatu proses secara tepat yang dapat disaksikan secara berulang-ulang jika dipandang perlu. Misalnya, langkah-langkah dan cara yang benar dalam berwudhu.
3.      Disamping mendorong dan meningkatkan motivasi, film dan video menanamkan sikap dan segi-segi efektif lainnya. Misalnya, film kesehatan yang yang menyajikan proses berjangkitnya penyakit diare atau eltor dapat mebuat siswa sadar terhadap pentingnya kebersihan makanan dan lingkungan.
4.      Film dan video yang mengandung nilai-nilai fositif dapat mengundang pemikiran dan pembahasan dalam kelompok siswa. Bahkan, film dan video, seperti slogan yang sering didengar, dapat membawa dunia kedalam kelas.
5.      Film dan video dapat menyajikan peristiwa yang berbahaya bila dilihat secara langsung seperti lahar gunung merapi atau prilaku binatang buas.
6.      Film dan video dapat ditunjukkan kepada kelompok besar atau kelompok kecil, kelompok yang heterogen, maupun perorangan.
7.      Dengan kemampuan dan teknik pengambilan gambar frame demi fram, film dalam kecepatan normal memakan waktu satu minggu dapat ditampilkan dalam satu atau dua menit. Misalnya, bagaimana kejadian mekarnya kembang mulai dari lahirnya kuncup bunga hingga kuncup itu mekar.
Keterbatasan
1.      Pengadaan film dan video umumnya memerlukan biaya mahal dan waktu yang banyak.
2.      Pada saat film dipertunjukkan, gambar-gambar bergerak terus sehingga tidak semua siswa mampu mengikuti informasi yang ingin di sampaikan melalui film tersebut.
3.      Film dan video yang tersedia tidak selalu sesuai dengan kebutuhan dan tujuan belajar yang diinginkan, kecuali film dan video itu dirancang dan diproduksi khusus untuk kebutuhan sendiri.
I.Televisi
Adalah system elektronik yang mengirimkan gamabar diam dan gambar hidup bersama suara melalui kabel dan ruang, sedangkan televise pendidikan adalah penggunaan program video yang direncanakan untuk merencanakan tujuan pengajaran tertentu tanpa melihat siapa yang menyiarkan. Televisi meiliki ciri-ciri tersendiri :
1.      Dituntun oleh instruktur guru, atau instruktur menuntut melalui pengalaman-pengalaman siswa
2.      Sistematis siaran berkaitan mengenai mata  pelajaran dan silabus dengan tujuan dan pengalamn belajr yang terencana
3.      Teratur dan berurutan siaran disajikan dengan selang waktu yang beraturan secara berurutan, dimana satu siaran dibangun atau mendasari siaran lainnya
4.      Terpadu, siaran berkaitan dengan pengalaman belajar lainnya seperti latihan membaca, diskusi, laboratorium, percobaan, menulis, dan pemecahan masalah
Keuntungan
1.      Televisi dapat memancarkna berbagai jenis audio visual
2.      Televise dapat menyajikan model dan contoh yang baik bagi siswa
3.      Televise dapat membawa dunia nyata ke rumah dan ke kelas-kelas, seperti tempat-tempat dan peristiwa-peristiwa melallui siaran langsung atau rekaman
4.      Televise dapat memberikan  kepada siswa peluang untuk melihat dan mendengar diri sendiri
5.      Televise dapat menyajikan program-program yang dapat dipahami oleh siswa
6.      Televise dapat menyajikan visual dan suara yang amat sulit diperoleh pada dunia nyata
7.      Televise dapat menghemat waktu guru dan siswa
Keterbatasan
1.      Televise hanya mampu menyajikan komunikasi satu arah
2.      Televise pada saat disiarkan akan dijlan terus dan tidak ada kesempatan untuk memahami pesan-pesannya sesuia dengan kemampuan individual siswa
3.      Guru tidak memiliki kesempatan untuk merevisi film sebelum disiarkan
4.      Layar pesawt televise tidak mampu menjangkau kelas besar sehingga sulit bagi semua siswa untuk melihat secara rinci gambar yang disiarkan
5.      Kekhawatiran muncul bahwa siswa tidak memiliki hubungan pribadi dengan guru, dan siswa bias jadi bersifat pasif selama penayangan
J. Computer
Adalah mesin yang dirancang khusus untuk memanifulasi informasi yang di beri kode,mesin elektronik yang otomatis melakukan pekerjaan dan perhitungan sederhana dan rumit. Unit computer terdiri dari empat komponen dasar :
1.      Input (misalnya key board dan writing pad)
2.      Prosesor (CPU: unit pemproses data yang di input)
3.      Penyimpanan data (memory yang menyimpan data yang akan di proses oleh CPU baik secara permanen (ROM) maupun untuk sementara (RAM)
4.      Out Put (misalnya layar monitor) printer atau plotter


Keuntungan
1.      Computer dapat mengakomudasi siswa yang lamban menerima pelajaran, karena ia dapat memberikan iklim yang bersifat afektif dengan cara yang lebih individual, tidak pernah lupa, tidak pernah bosan, sangat sabar dalam menjalankan intruksi seperti yang diinginkan program yang diinginkan.
2.      Computer dapat merangsang siswa untuk mengerjakan latihan.
3.      Kendali berada ditangan siswa sehingga tingkat kecepatan belajar siswa dapat disesuaikan dengan tingkat penguasaannya.
4.      Kemampuat merekam aktivitas siswa selama menggunakan suatu program pembelajaran.
5.      Dapat berhubungan dengan mengendalikan peralatan lain seperti compact disc, video tape, dan lain-lain.
Keterbatasan
1.      Meskipun harga perangkat keras computer cenderung semakin menurun, pengembangan perangkat lunaknya masih relatif mahal.
2.      Untuk menggunakan computer diperlukan pengetahuan dan kemampuan khusus tentang computer.
3.      Seragaman model computer menyebabkan program yang tersedia untuk satu model tidak cocok dengan model lainnya.
4.      Program yang tersedia saat ini belum memperhitungkan kretifitas siswa.
5.      Computer hanya efektif digunakan oleh satu orang.







Daftar Pustaka