Pengenalanbeberapa media
Berdasarkan
perkembangan teknologi, media pembelajaran dapat dikelompokan menjadi :
A. teknologi cetak
Adalah
cara untuk menyampaikan materi,seperti buku dan materi visual statis terutama melalui
proses percetakan mekanime atau fotogtafis. Teknologi cetak memilikiciri-ciri sebagai
beriku:
a) Teks
dibaca secara linear, sedangkan visual diamati berdasarkan ruang.
b) Baik
teks maupun visual menampilkan komunikasi satuarah dan reseptif.
c) Teksdan
visual di tampilkan statis.
d) Pengembangannya
sangat tergantung kepada prinsip-prinsip kebahasaan dan persepsi visual.
e) Baik
teks maupun visual berorientsi (berpusat) padas iswa.
f) Informasi
dapa tdiatur kembali atau di tataulang oleh pemakai.
B. Teknologi Audio-Visual
Adalah
cara untuk menyampaikan materi dengan menggunakan mesin-mesin mekanis dan elektronik
untuk menyajikan pesan-pesan audio dan visual. Teknologi Audio Visual memilki ciri-cir
isebagai berikut :
a) Mereka
biasanya bersifat linear.
b) Mereka
biasanya menyajikan visual yang dinamis.
c) Mereka
digunakan dengan cara yang telah di tetapkan sebelumnya oleh perancang.
d) Merekamerupakan
representasifisikasi gagasan real ataugagasanabstrak.
e) Mereka
di kembangkan menurut prinsippsikologis behaviorisme dan kognitif.
f) Umumnyamerekaberorientasikepada
guru dengantingkatpelibatanmuridyang
rendah
C. Teknologi Berbasis Komputer
Adalah
cara penyampaian materi dengan menggunakan sumber-sumber yang
berbasismikro-prosesor. Pada dasarnya teknologi berbasis computer menggunakan layar
kacau ntuk menyajikan informasi kepada siswa.Beberapa jenis aplikasi teknologi berbasis
computer dalam pembelajaran umumnya dikenal sebagai computer assistedintruction
(pembelajaran dengan bantuan computer). Dilihat dari cara penyajian dan tujuan
yang ingin dicapai meliputi tutorial (penyajian materi pelajaran secara bertahap),
driils and practice (latihan membantu siswa menguasai materi yang telah di
pelajari sebelumnya), permainan dan simulasi (latihan mengaplikasi pengetahuan dan
keterampilan yang baru dipelajarari, dan basis data (atau sumber yang dapat membantu
siswa menambah informasi dan pengetahuannya sesuai dengan keinginan masing-masing).
Ciri media yang dihasilkan teknologi berbasis computer :
a) Mereka
dapat digunakan secara acak,non sekuensial, atau secara linear.
b) Mereka
dapar digunakan berdasarkan keinginan siswa atau berdasarkan keinginan perancang/penembang
sebagaimana di rencanaknnaya.
c) Biasanya
gagasan disajikan dalam gayaa bstrak dengan
kata symbol dangrafik
d) Prinsip-prinsipil
mukognitif untuk mengembangkan media ini.
e) Pembelajaran
dapat berorienta sisiswa dan melibatkan interaktif siswa yang tinggi.
D. Teknologi gabungan
Adalah
cara untuk menghasilkan dan menyampaikan materi yang menggabungkan pemakaian beberapa
bentuk media yang dikendalikan oleh computer. Beberapa cirri utama teknologi berbasis
computer adalah sebagai berikut :
a) Ia
dapat digunakan secara acak, sekuensial, secara linear.
b) Ia
dapat digunakan sesuai dengan keinginan siswa, bukan saja dengan cara yang
direncanakan dan diinginkan oleh perancangnnya.
c) Gagasan
sering disajikan secara realistic dalam kontek spengalaman siswa menurut apa
yang relefan dengan siswa, dan dibawah pengendalian siswa.
d) Prinsip
ilmu kognitifdan konstruktifisme diterapkan dalam pengembangan dan penggunaanpelajaran.
e) Pembelajaran
di tata dan terpusat pada lingkup kognifit sehingga pengetahuan dikuasai jika pelajaran
itu di gunakan.
f) Bahan-bahan
pelajaran melibatkan banyak interaktifitas siswa.
g) Bahan-bahan
pelajaran memadukan kata danfisual dari berbagai sumber.
h) Pengelompokan jenis media apabila gilihat dari segi
perkembangan teknologi, menurut Seels & Glasgow (1990:181-183),
yaitu:
1.Pilihan
media tradisional
a) Visual diam
yangdiproyeksikan meliputi: Proyeksi opaque (tak tembus pandang), Proyeksi, overhead, Slides, Filmstrips
b) Visual yang tak diproyeksikan meliputi: Gambar, poster,
Foto, Charts, grafik, diagram, Pemaran, papan info, papan bulu
c) Audio meliputi : Rekaman pringan, Pita kaset, reel,
catridge
d) Penyajian multimedia meliputi: Silde plus suara (tape), Multi
image
e) Visual dinamis yag diproyeksikan meliputi : Film,
Televisi danVideo
f) Cetak meliputi : Buku teks, Modil, teks terprogram, Workbook,
Majalah ilmiah, berkala, Lembaran lepas (hand out)
g) Permainan meliputi : Teka-teki, Simulasi, Permainan papan
h) Realia meliputi : Model, Specimen (contoh),
Manipulatif (peta, boneka)
2. Pilihan
media teknologi mutakhir
a) Media berbasis komunikasi : Telekonferen, Kuliah jarak
jauh
b)
Media
berbasis mikroprosesor : Comuter
assisted instruction, Permainan komputer, Sistem tutor intelijen,
Interaktif, Hypermedia, Compact
(video) disk.
Pengertian dari media mutakhir
secara ringkas disajikan sebagai barikut :
a) teleconference (suatu teknik komunikasi kelompok yang menggunakan
mikrofon dan amplifier)
b) Kuliah Jarak Jauh
(telelecture / suatu teknik pengaaran yang dimana seorang
ahli dalam suatu budang tertentu
, menghadapi sekelompok pendengar yang menggunakan
amplifier)
c) Computer assisted
instruction (cara penyampaian yang menggunakan mikroprosesor yang di
rancang dan di program ke dalam system
tersebut)
d) Hyperteks (suatu teks yang
tak berurutan-non sekuensial)
e) Hypermedia (perluasan dari hyperteks yang menggabungkan
media lain ke
dalam teks)
f) System tutor intelijen (penyampaian media yang menggunakan computer yang mempunyai kemampuan untuk berdialog
siswa)
g) Interactive video (penyajian suatu materi
yang menggunakan rekaman)
h) Compact video disc (system
penyimpanan dan rekaman video, dimana signal audio-visual di rekam pada disket
plastic )
Menurut beberapa ahli, Leshin,Pollock dan
Reigeluth,mengelompokan media kedalam lima kelompok,yaitu
a) Media
berbasis manusia
b) Media
bebasis cetak
c) Media
berbasis visual
d) Media
berbasisaudio_visual
e)
Media berbasis computer
Menurut Kemp dan Dayton
mengelompokan media kedalam delapan jenis,yaitu
a) Media
cetakan
b) Media
panjang
c) Overhead
transparacies
d) Rekaman
audio tape
e) Seri
slide dan filmstrips
f) Penyajian
multi-image
g) Rekaman
video dan film hidup
h) computer
Media cetakan meliputi bahan-bahan yang
dusiapkandi atas kerta untuk pengajaran dan informasi
Beberapa kelebihan dari
media cetakan
a. siwa
dapat belajar dan maju sesuai dengan kecepatan masing-masing
b. disamping
dapat memahami materi dalam media cetakan,siswa akan mengikuti ukuran pikiran
secara logis
c. perpaduan
antara teks dan gambar dapat menambah daya tarik dan memperlancar pemahaman
informasi yang disajikan
d. pada
teks terprogram siswa akan berinteraksi dengan aktif karena harus memberi
respon terhadap pertanyaan
e. meskipun
isi informasi media cetak haru diperbaharui sesuai dengan perkembangan ilmu
,materi tersebut dapat direproduksi dengan ekonomis dan didistribusikan dengan
mudah
Keterbatasan
media cetakan
a. sulit
menampilkan gerak
b. biaya
cetakan akan lebih mahal jika ingin menambahkan ilustrasi gambar
c. proses
percetakan memakan waktu lama
d. perbagian
unit-unit pelajaran harus dirancang sedemikian rupa,sehingga tidak terlalu
panjang dan membosankan
e. jika
tidak dirawat dengan baik ,media cetakan cepat rusak ataui hilang
Media Panjang digunakan
untuk menyamoaikan pesan di depan kelompok kecil.
Media ini meliputi papan tulis,flip
chart,papan magnet,papan kain,papan bulletin,dan pameran.
Kelebihan media panjang
a. bermanfaat
di ruang manapun tanpa harus ada penyesuaian khusus
b. pemakai
dapat secara fleksibel mebuat perubahan-perubahan selama penyajian berlangsung
c. mudsah
dipersiapkan dan materinya mudah digunakan
d. fasilitas
papan tuli selalu tersedia di ruang-ruang kelas
Ketrebatasan media panjang
a. terbatas
penggunaannya pada kelompok kecil
b. memerlukan
keahlian khusus dari penyajiannya
c. mungkin
tidak dianggap penting jika dibandingkan dengan media-media yang diproyeksikan
d. pada
saat menulis di papan, guru membelakangi siswa,dan jika ini berlangsung lama
tentu akan mengganggu suasana dan pemgelolaan kelas
E.
Proyektor Transparasi (OHP)
Yaitu suatu alat yang memproyeksikan visual
baik berupa huruf, lambing, gambar,dan sebagainya, yang dipersiapkan untuk
diproyeksikan kesebuah layar atau dinding melalui sebuah proyektor.
Kelebihan
OHP
1. Pantulan
proyeksi gambar dapat terlihat jelas pada ruangan yang terang (tidak perlu pada
ruangan yang gelap) sehingga guru dan murid tetap dapat saling melihat.
2. Dapat
menjangkau kelompok yang besar.
3. Guru
selalu dapat bertatap muka dengan siswa karena OHP dapat diletakkan di depan
kelas, dan dengan demikian ia selalu dapat mengendalikan kelasnya.
4. Trasparansi
dapat dengan mudah dibuat sendiri oleh guru, baik yang dibuat secara manual
maupun yang melalui proses cetak, salin, dan kimia.
5. Peralatan
mudah dioperasikan dan tidak memerlukan perawatan khusus.
6. Memiliki
kemampuan untuk menampilkan warna.
7. Dapat
disimpan dan digunakan berulang kali.
8. Dapat
dijadikan pedoman dan penuntun bagi guru dalam penyajian materi.
Keterbatasan
1. Fasilitas
OHP harus tersedia.
2. Listrik
pada ruangan/lokasi penyajian harus tersedia.
3. Tanpa
layar yang dapat dimiringkan ( misalnya hanya menggunakan dinding/tembok atau
layar lurus ), sulit untuk mengatasi distorsi tayangan yang berbentuk trapesium
( keystoning )
4. Harus
memiliki teknik khusus untuk pengaturan urutan baik dalam hal penyajian maupun
penyimpanan.
F. Rekaman Audio-Tape
Pesan
dan isi pelajaran dapat direkam pada tape magnetik sehingga hasil rekaman itu
dapat diputar kembali pada saat diinginkan. Pesan dan isi pelajaran itu
dimaksudkan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sebagai
upaya mendukung terjadinya peroses belajar.
Materi
rekaman audio tape adalah cara ekonomis untuk menyiapkan isi pelajaran atau
jenis informasi tertentu. Rekaman dapat disiapkanuntuk sekelompok siswa, dan
sekarang ini sudah lumrah rekaman dipersiapkan untuk penggunaan perorangan.
Sudjana dan Rivai ( 1991 : 130 ). Keterampilan yang dapat dicapai dengan
penggunaan media audio meliputi :
1. Pemusatan
peratian dan mempertahankan perhatian. Misalnya, siswa mengidentifikasi
kejadian tertentu dari rekaman yang didengarnya.
2. Mengikuti
pengarahan. Misalnya, sambil mendengarkan pernyataan atau kalimat singkat,
siswa menandai salah satu pilihan pernyataan yang mengandung arti yang sama.
3. Melatih
daya analisis. Misalnya, siswa menentukan urut-urutan kejadian atau suatu
peristiwa, atau menentukan ungkapan mana yang menjadi sebab dan yang mana
akibat dari pernyataan-pernyataan atau kalimat-kalimat yang didengarnya.
4. Menentukan
arti dari konteks. Misalnya, siswa mendengarkan pernyataan yang belum lengkap
sambil berusaha menyempurnakannya dengan memilih kata yang disiapkan. Kata-kata
yang disiapkan itu berbunyi sangat mirip dan hanya dapat dibedakan apabila
sudah dalam konteks kalimat.
5. Memilah-milah
informasi atau gagasan yang relevan dan informasi yang tidak relevan. Misalnya,
rekaman yang diperdengarkan yang mengandung dua sisi informasi yang berbeda dan
siswa mengelompokkan informasi kedalam kedua kelompok itu.
6. Merangkum,
mengemukakan kembali, atau mengingat kembali informasi. Misalnya, setelah
mendengarkan rekaman suatu peristiwa atau ceritera, siswa diminta untuk
mengungkapkan kembali dengan kalimat-kalimat mereka sendiri.
Keuntungan
1. Radio
tape ( tape recorder ) telah menjadi
peralatan yang sangat lumrah dalam rumah tangga, sekolah, mobil, bahkan
kantongan ( Walkman). Karena harga yang cenderung terjangkau oleh seluruh
lapisan masyarakat, ketersediaannya dapat diandalkan.
2. Rekaman
dapat digandakan untuk keperluan perorangan sehingga pesan dan isi pelajaran
dapat berada dibeberapa tempat pada waktu yang bersamaan.
3. Merekam
peristiwa atau isi pelajaran untuk digunakan kemudian, atau merekam pekerjaan
siswa sendiri dapat dilakukan dengan media audio.
4. Rekaman
memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendengarkan diri sendiri sebagai alat
diagnosis guna membantu meningkatkan keterampilan mengucapkan, membaca,
mengaji, atau berpidato.
5. Pengoprasian
radio tape /tape recorderrelatif
mudah.
Keterbatasan
1. Dalam
suatu rekaman, sulit menentukan lokasi suatu pesan atau informasi. Jika pesan
atau informasi itu berada ditengah-tengah pita, maka akan memakan waktu lama
untuk menemukannya, apalagi jika radio tape tidak memiliki angka-angka penuntun
putaran pitanya.
2. Kecepatan
merekam dan pengaturan trek yang bermacam-macam menimbulkan kesulitan kembali
rekaman yang direkam pada suatu mesin perekam yang berbeda dengannya.
G. Slide
Slide
(film bingkai) adala suatu film transparansi yang berukuran 35mm dengan bingkai
2x2 inci. Bingkai tersebut terbuat dari karton atau plastic.Film bingkai
diproyeksikan melalui slide projector. Jumlah film bingkai yang akan
ditayangkan untuk suatu program tergantung kepada tujuan yang ingin dicapai.
Dengan demikian, lama penayangan atau panjangnya program sangat
bervariasi.Program visual dapat dikombinasikan dengan suara yang dikenal dengan
film bingkai bersuara.Program kombinasi film bingkai bersuara pada umurnya
berkisar antara 10 sampai 30 menit dengan jumlah gambar yang bervariasi dari 10
sampai 100 buah lebih.Berbeda dengan gambar yang disertai suara rekaman waktu
tayangnya sudah tertentu, gambar yang tidak disertai suara dapat ditayangkan seberapa
lama pun sesuai dengan kebutuhan dan isi pesan dan informasi yang ingin
disampaikan melalui gambar tersebut.
Beberapa
keuntungan dan keterbatasan film bingkai dapat diliha berikut ini.
Keuntungn
1. Urutan
gambar (film bingkai) dapat diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan.
2. Isi
pelajaran yang sama yang terdapat dalam gambar-gambar film bingkai dapat
disebarkan dan digunakan diberbagai tempat secara bersama.
3. Gambar
pada film bingkai tertuntu dapat ditayangkan lebih lama dan dengan demikian
dapat menarik perhatian dan membangun persepsi siswa yang sama terhadap konsep
atau pesan yang ingin disampaikan.
4. Film
bingkai dapat ditayangkan pada ruangan masih terang (tidak perlu benar-benar
gelap). Jika tidak terdapat layar khusus, dindingpun dapat dijadikan tempat
proyeksi gambar.
5. Film
bingkai dapat menyajikan gambar dan grafik untuk berbagai bidang ilmu kepada
kelompok atau perorangan dengan usia yang tiada terbatas.
6. Film
bingkai dapat digunakan sendiri atau di gabung dengan suara/rekaman. Baik film
bingkai bersuara maupun yang tidak, dapat diubah.
7. Film
bingkai dapat menyajikan peristiwa masa lalu atau peristiwa di tempat lain. Di
samping itu, dengan film bingkai, objek yang besar, berbahaya, atau terlalu
kecil untuk dilihat dengan mata dapat di tayangkan dengan jelas.
Keterbatasan
1. Gambar
dan grafik visual yang disajikan tidak bergerak sehingga daya tariknya tidak
sekuat dengan televise atau film. Oleh karena itu, visualisasi objek atau
proses yang bergerak akan kurang efektif bila disajikan melalui media film.
2. Film
bingkai terlepas-lepas, dan ini merupakan suatu titik keunggulan sekaligus
kelemahannya, karena memerlukan perhatian untuk penyimpanannya agar film-film
bingkai itu tidak hilang atau tercecer.
3. Meskipun
biaya produksinya tidak terlalu mahal, film bingkai masih memerlukan biaya
lebih besar daripada pembuatan media foto, gambar, grafik yang tidak
diproyeksikan.
H. Film dan Video
Film
atau gambar hidup merupakan gambar-gambar dalam frame di mana frame demi frame
diproyeksikan melalui melalui lensa proyektor secara mekanis sehingga pada
layar terlihat gambar itu hidup.Film bergerak dengan cepat dan bergantian
sehingga memberikan visual yang kontinu.Sama halnya dengan film, video dapat
menggambarkan suatu objek yang bergerak bersama-sama dengan suara alamiah atau
suara yang sesuai.Kemampuan film dan video melukiskan gambar hidup dan suara
memberinya daya tarik tersendiri.Kedua jenis media ini pada umumnya digunakan
untuk tujuan-tujuan hiburan, dukumentasi, dan pendidikan. Mereka dapat
menyajikan informasi, memaparkan proses, menjelaskan konsep-konsep yang rumit,
mengajarkan keterampilan, menyingkat atau memperpanjang waktu, dan mempengaruhi
sikap.
Keuntungan
Film dan Video
1. Film
dan video dapat melengkapi pengalaman-pengalaman dasar dari siswa ketika mereka
membaca, berdiskusi, berpraktik, dan lain-lain. Film merupakan pengganti alam
sekitar dan bahkan dapat menunjukkan objek yang secara normal tidak dapat
dilihat, seperti cara kerja jantung ketika berdenyut.
2. Film
dan video dapat menggambarkan suatu proses secara tepat yang dapat disaksikan
secara berulang-ulang jika dipandang perlu. Misalnya, langkah-langkah dan cara
yang benar dalam berwudhu.
3. Disamping
mendorong dan meningkatkan motivasi, film dan video menanamkan sikap dan
segi-segi efektif lainnya. Misalnya, film kesehatan yang yang menyajikan proses
berjangkitnya penyakit diare atau eltor dapat mebuat siswa sadar terhadap
pentingnya kebersihan makanan dan lingkungan.
4. Film
dan video yang mengandung nilai-nilai fositif dapat mengundang pemikiran dan
pembahasan dalam kelompok siswa. Bahkan, film dan video, seperti slogan yang
sering didengar, dapat membawa dunia kedalam kelas.
5. Film
dan video dapat menyajikan peristiwa yang berbahaya bila dilihat secara
langsung seperti lahar gunung merapi atau prilaku binatang buas.
6. Film
dan video dapat ditunjukkan kepada kelompok besar atau kelompok kecil, kelompok
yang heterogen, maupun perorangan.
7. Dengan
kemampuan dan teknik pengambilan gambar frame demi fram, film dalam kecepatan
normal memakan waktu satu minggu dapat ditampilkan dalam satu atau dua menit.
Misalnya, bagaimana kejadian mekarnya kembang mulai dari lahirnya kuncup bunga
hingga kuncup itu mekar.
Keterbatasan
1. Pengadaan
film dan video umumnya memerlukan biaya mahal dan waktu yang banyak.
2. Pada
saat film dipertunjukkan, gambar-gambar bergerak terus sehingga tidak semua
siswa mampu mengikuti informasi yang ingin di sampaikan melalui film tersebut.
3. Film
dan video yang tersedia tidak selalu sesuai dengan kebutuhan dan tujuan belajar
yang diinginkan, kecuali film dan video itu dirancang dan diproduksi khusus
untuk kebutuhan sendiri.
I.Televisi
Adalah
system elektronik yang mengirimkan gamabar diam dan gambar hidup bersama suara
melalui kabel dan ruang, sedangkan televise pendidikan adalah penggunaan
program video yang direncanakan untuk merencanakan tujuan pengajaran tertentu
tanpa melihat siapa yang menyiarkan. Televisi meiliki ciri-ciri tersendiri :
1. Dituntun
oleh instruktur guru, atau instruktur menuntut melalui pengalaman-pengalaman
siswa
2. Sistematis
siaran berkaitan mengenai mata pelajaran
dan silabus dengan tujuan dan pengalamn belajr yang terencana
3. Teratur
dan berurutan siaran disajikan dengan selang waktu yang beraturan secara
berurutan, dimana satu siaran dibangun atau mendasari siaran lainnya
4. Terpadu,
siaran berkaitan dengan pengalaman belajar lainnya seperti latihan membaca,
diskusi, laboratorium, percobaan, menulis, dan pemecahan masalah
Keuntungan
1. Televisi
dapat memancarkna berbagai jenis audio visual
2. Televise
dapat menyajikan model dan contoh yang baik bagi siswa
3. Televise
dapat membawa dunia nyata ke rumah dan ke kelas-kelas, seperti tempat-tempat
dan peristiwa-peristiwa melallui siaran langsung atau rekaman
4. Televise
dapat memberikan kepada siswa peluang
untuk melihat dan mendengar diri sendiri
5. Televise
dapat menyajikan program-program yang dapat dipahami oleh siswa
6. Televise
dapat menyajikan visual dan suara yang amat sulit diperoleh pada dunia nyata
7. Televise
dapat menghemat waktu guru dan siswa
Keterbatasan
1. Televise
hanya mampu menyajikan komunikasi satu arah
2. Televise
pada saat disiarkan akan dijlan terus dan tidak ada kesempatan untuk memahami
pesan-pesannya sesuia dengan kemampuan individual siswa
3. Guru
tidak memiliki kesempatan untuk merevisi film sebelum disiarkan
4. Layar
pesawt televise tidak mampu menjangkau kelas besar sehingga sulit bagi semua
siswa untuk melihat secara rinci gambar yang disiarkan
5. Kekhawatiran
muncul bahwa siswa tidak memiliki hubungan pribadi dengan guru, dan siswa bias
jadi bersifat pasif selama penayangan
J. Computer
Adalah
mesin yang dirancang khusus untuk memanifulasi informasi yang di beri
kode,mesin elektronik yang otomatis melakukan pekerjaan dan perhitungan
sederhana dan rumit. Unit computer terdiri dari empat komponen dasar :
1. Input
(misalnya key board dan writing pad)
2. Prosesor
(CPU: unit pemproses data yang di input)
3. Penyimpanan
data (memory yang menyimpan data yang akan di proses oleh CPU baik secara
permanen (ROM) maupun untuk sementara (RAM)
4. Out
Put (misalnya layar monitor) printer atau plotter
Keuntungan
1. Computer
dapat mengakomudasi siswa yang lamban menerima pelajaran, karena ia dapat
memberikan iklim yang bersifat afektif dengan cara yang lebih individual, tidak
pernah lupa, tidak pernah bosan, sangat sabar dalam menjalankan intruksi
seperti yang diinginkan program yang diinginkan.
2. Computer
dapat merangsang siswa untuk mengerjakan latihan.
3. Kendali
berada ditangan siswa sehingga tingkat kecepatan belajar siswa dapat
disesuaikan dengan tingkat penguasaannya.
4. Kemampuat
merekam aktivitas siswa selama menggunakan suatu program pembelajaran.
5. Dapat
berhubungan dengan mengendalikan peralatan lain seperti compact disc, video
tape, dan lain-lain.
Keterbatasan
1. Meskipun
harga perangkat keras computer cenderung semakin menurun, pengembangan perangkat
lunaknya masih relatif mahal.
2. Untuk
menggunakan computer diperlukan pengetahuan dan kemampuan khusus tentang
computer.
3. Seragaman
model computer menyebabkan program yang tersedia untuk satu model tidak cocok
dengan model lainnya.
4. Program
yang tersedia saat ini belum memperhitungkan kretifitas siswa.
5. Computer
hanya efektif digunakan oleh satu orang.
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar