Kamis, 31 Mei 2012


Fungsidanmanfaat media pendidikan
Beberapamanfaatpraktisdaripenggunaan media pembelajaran di dalam proses belajarmengajarsebagaiberikut :

Ø  Media pembelajarandapatmenperjelaspenyajianinformasidanpesansehinggadapatmempelancardanmeningkatkan proses danhasilbelajar.

Ø  Media pembelajarandaptmeningkatkandanmengarahkanperhatiananaksehinggadapatmenimbulkanmotivasibelajar, interaksi yang lebihbaiklangsungantarasiswadanlingkungannya, dankemungkinansiswauntukbelajarsendiri-sendirisesuaidengankemampuandanminatnya.

Ø  Media pembelajarandapatmengatasiketerbatasanindera, ruang, danwaktu :
1.       objekataubenda yang terlalubesaruntuk di tampilkanlangsung di ruangkelasdapat di gantikandengangambar, foto, slid, realita, film, radio, atau model
2.       objekataubenda yang terlalukecil yang tidaktmpakolehindradapatdisajikandenganbantuanmikroskop, film, slid, ataugambar.
3.       kejadianlangka yang terjadi di masalaluatauterjadisekalidalampuluhantahundapat di tampilkanmelaluirekaman video, film, foto, slid, di sampingsecara verbal.
4.       objekatau proses yang amatrumitsepertiperedarandarahdapat di tampilkansecarakonkritmelalui film, gambar, slid, atausumulasi computer.
5.       kejadianataupercobaan yang dapatmembahayakandapat di simulasikandengan media seperticomputer,film, gambar, dan video.
6.       peristiwaalamsepertiterjadinyaletusangunungberapiatau proses yang dalamkenyataanmemakanwaktu lama seperti proses kepompongmenjadikupu-kupudapatdisajikandenganteknik-teknikrekamanseperti time-laps untuk film, video, slide, atausimulasi.

Ø  Media pembelajarandaptmemberikankesamaanpengalamankepadasiswatentangperistiwa di lingkunganmereka, sertadengan guru, masyarakat, danlingkungannyamisalnyamelaluikaryawisata, kunjungan-kunjunganke museum ataukebunbinatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar