Beberapamanfaatpraktisdaripenggunaan media pembelajaran di
dalam proses belajarmengajarsebagaiberikut :
Ø
Media
pembelajarandapatmenperjelaspenyajianinformasidanpesansehinggadapatmempelancardanmeningkatkan
proses danhasilbelajar.
Ø
Media
pembelajarandaptmeningkatkandanmengarahkanperhatiananaksehinggadapatmenimbulkanmotivasibelajar,
interaksi yang lebihbaiklangsungantarasiswadanlingkungannya,
dankemungkinansiswauntukbelajarsendiri-sendirisesuaidengankemampuandanminatnya.
Ø
Media
pembelajarandapatmengatasiketerbatasanindera, ruang, danwaktu :
1.
objekataubenda yang terlalubesaruntuk di
tampilkanlangsung di ruangkelasdapat di gantikandengangambar, foto, slid,
realita, film, radio, atau model
2.
objekataubenda yang terlalukecil yang tidaktmpakolehindradapatdisajikandenganbantuanmikroskop,
film, slid, ataugambar.
3.
kejadianlangka yang terjadi di
masalaluatauterjadisekalidalampuluhantahundapat di tampilkanmelaluirekaman
video, film, foto, slid, di sampingsecara verbal.
4.
objekatau proses yang amatrumitsepertiperedarandarahdapat
di tampilkansecarakonkritmelalui film, gambar, slid, atausumulasi computer.
5.
kejadianataupercobaan yang
dapatmembahayakandapat di simulasikandengan media seperticomputer,film, gambar,
dan video.
6.
peristiwaalamsepertiterjadinyaletusangunungberapiatau
proses yang dalamkenyataanmemakanwaktu lama seperti proses
kepompongmenjadikupu-kupudapatdisajikandenganteknik-teknikrekamanseperti
time-laps untuk film, video, slide, atausimulasi.
Ø
Media pembelajarandaptmemberikankesamaanpengalamankepadasiswatentangperistiwa
di lingkunganmereka, sertadengan guru, masyarakat,
danlingkungannyamisalnyamelaluikaryawisata, kunjungan-kunjunganke museum
ataukebunbinatang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar